TUTORIAL : PRINTABLE CROQUIS TEMPLATE DENGAN PHOTOSHOP




1. CARI CARA CROQUIS DI GOOGLE


Pada menit pertama, kita akan mencari croquis yang sudah ada di Google (mohon maaf, setau saya mengambil materi dari Google selama bukan untuk kepentingan komersil atau hanya dipakai untuk pribadi apalagi tujuannya hanya belajar insyaAllah tidak akan melanggar hukum. mohon koreksi jika saya salah. 😁).

Untuk bentuk dan ukuran croquis terserah sesuai selera kamu. kalau saya cenderung mencari croquis yang bentuk badannya mendekati perempuan pada umumnya atau yang tidak terlalu kurus dan tidak terlalu tinggi. oh ya sebagian croquis yang tersebar di Google itu hasil sketsa yang garis-garis pinggirnya kasar. coba kamu pilih croquis dengan garis halus seperti contoh yang saya punya.



2. BUAT NEW FILE DI PHOTOSHOP

Kalau kamu gak punya Photoshop, kamu bisa mensiasati dengan menggunakan 'paint' atau 'word' atau image yang baru aja kamu download langsung kamu print. sebenernya semudah itu tapi saya mau jelasin versi Photoshop karna dengan aplikasi ini kamu bisa merubah gambar pada file nya.

Ketika Photoshop sudah terbuka, klik file - new document atau tekan CTRL+N. kemudian akan keluar jendela baru, kemudian masukan ukuran file yang kamu inginkan. saya saranin ukuran A4 aja. masih di jendela itu klik 'document type' pilih 'international paper' dan pilih size 'A4'. tidak perlu ada yang diubah lagi langsung klik 'OK'.


3. ROTATE LEMBAR KERJAMU


Setelah klik OK maka akan keluar lembar kerja berwarna putih dengan tampilan portrait. sebaiknya kita ubah ke bentuk landscape. caranya, klik 'image', pilih 'image rotation', pilih '90 clockwise'. tekan CTRL-0 (0=nol bukan O) untuk zoom penuh.


4. DRAG GAMBAR CROQUIS KE PHOTOSHOP

Memindahkan gambar croquis yang sudah di download ke lembar kerja.

5. RENAME KEMUDIAN HIDE DAN UNHIDE

Di lembar kerja Photoshop kamu akan kelihatan dua layer. yang paling bawah namanya 'background' yang layer kedua adalah layer croquis yang baru aja kamu drag. silahkan rename dengan nama yang kamu inginkan. kalau saya kasih nama tetep 'croquis'. simbol mata kecil disamping layer kamu adalah tombol untu hide atau unhide. jika kamu klik tombol mata tersebut maka simbol matanya akan hilang menandakan layer-nya telah disembunyikan. jika ingin kembali, klik box mata tersebut makan simbol mata beserta layernya akan kembali terlihat.

6. RESIZE

Klik layer yang berjudul 'croquis' kemudian tekan CTRL+T, kamu akan melihat garis kotak sempurna melintang disekitar 'objek'. Arahkan cursor ke salah satu sudut mana saja terserah kamu kemudian tekan tombol SHIFT di keyboard mulailah resize atau mengubah ukuran objek croquis sesukamu.

7. HAPUS BACKGROUND

Klik kanan pada simbol penghapus yang ada disebelah kiri. pilihlah simbol penghapus yang ada gambar bintangnya. arahkan ke croquis kamu dan mulailah menghapus. Jika keluar dialog klik saja OK atau YES untuk setuju. Kamu bisa hide background putih dibawah supaya jelas bagian yang sudah terhapus.

8. POTONG CROQUIS DENGAN RECTANGULAR MARQUEE TOOLS

Ada simbol kotak garis putus disebelah kiri. Klik simbol tersebut dan arahkan dengan pas pada croquis yang akan kita potong. pastikan kamu tidak memotong bagian croquis lainnya. Setelah satu objek croquis telah dipilih oleh Rectangular Marquee Tool, klik kanan lalu layer via cut. Lihat perubahannya, satu objek croquis sudah terpisah dari layer sebelumnya. Berilah nama yang sesuai. saya kasih nama 'front' atau depan. Karna objek pertama yang saya potong adalah croquis tampak depan (front). Ulangi langkah ini pada objek lainnya. Saya sendiri mengulangi langkah ini pada dua objek croquis yang lain tampak samping dan belakang.

9.ATUR POSISI

Kebetulan croquis yang saya ambil jaraknya agak berdekatan. Karna masing masing croquis sudah saya potong terpisah jadi saya mulai memposisikannya sesuai keinginan saya. Saran, lebih baik croquisnya dibuat agak renggang agar ada tempat leluasa untuk menggambar baju yang mengembang agar tidak saling tindih.

10.SIMPAN FILE CROQUIS KAMU


Tekan CTRL+S kemudian save dengan format Photoshop berilah nama sesuai keinginan. Setelah itu tekan CTRL+SHIFT+S atau klike file - save as, simpanlah dengan format JPG. Di video saya terangkan untuk menyimpan dalam format PNG sebenernya gak pengaruh. JPG atau PNG untuk kasus ini diabaikan karna sama saja hasilnya.

Sampai disini file yang baru aja kamu simpen udah bisa di print. tapi, saya kasih alternatif lain seperti yang saya jelasin di video. Total saya punya tiga sampel file yang pertama file asli dengan warna garis hitam yang tegas, kedua, masih file yang sama namun saya ubah opacity-nya menjadi lebih rendah agar hasil print terlihat samar, dan yang ketiga mengubah croquis menjadi shape dan mengganti border menjadi dashed.

Satu persatu saya print dan saya coba gambar menggunakan Faber-Castell Connector Pen Marker, Faber-Castell Classic Pencil Color dan Winsor & Newton Brushmarker.

SAMPEL 1 SPIDOL

Gambar dibawah ini saya menggunakan Faber-Castell Connector Pen Marker kalau kamu pengguna prodak ini pasti tau kalau kualitas tintanya lumayan pigmented dan cepat meresap ke kertas tapi tetep gak bisa menutupi garis tegas croquis. Saya kurang suka dengan hasil seperti ini.



SAMPEL 1 PENSIL WARNA

Spidol pigmented aja gak mempan apalagi pensil warna. Hasilnya sangat gak recommended saya kurang suka. 😐



SAMPEL 1 BRUSHMAKER

Lebih-lebih yang ini brushmarker itu sejenis Copic jadi hasil akhirnya transparan dan gak kreng.


SAMPEL 1 KOMBINASI




SAMPEL 3 KOMBINASI


Kesimpulan dari tiga sampel yang saya buat adalah


  • Sampel 1: garis tegas tetap terlihat tegas walau digambar menggunakan spidol dan pensil warna
  • Sampel 2: garis tegas masih terlihat tegas walau warnanya lebih pudar atau lebih muda dari sampel 1
  • Sampel 3: garis putus masih akan terlihat jika digambar menggunakan spidol atau pensil warna cerah sedangkan jika digambar dengan warna gelap garis putus akan hilang dan hampir tidak terlihat sama sekali.


Menurutku, tergantung selera kamu lebih suka croquis yang bagaimana. Saya pribadi akan pilih sampel 3 karna walau garis putus masih akan terlihat tapi gak terlalu parah dan gak mengganggu estetika design kamu.

Oh iya, tutorial ini terinspirasi oleh Fashionary kalo kamu ga tau apa itu, silahkan meluncur ke website resminya fashionary.org kamu bisa belanja sketchbook dan ensiklopedia fashion dengan cover yang lucu-lucu banget.

Tutorial ini tidak ada maksud untuk plagiat atau membajak ide kreatif Fashionary ya... sebenernya kamu bisa download template Fashionary langsung dari website nya disni fashionary.org/download
just in case kamu bosan dengan figur yang ada pada template itu, kamu bisa DIY bikin template croquis baru mengikuti tutorialku.

see you in another tutorial!


SOURCE : http://ashtaroovia.blogspot.co.id/2017/03/cara-mudah-membuat-croquis.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KREATIF : SULAP BOTOL BEKAS MENJADI SESUATU YANG MEMILIKI NILAI

BELAJAR OTODIDAK HURUF HANGOUL BAHASA KOREA